Minggu, 17 Juli 2016

Mengatasi Suara Senar Gitar Atau Bass Elektrik Tidak Balance

Sebagai musisi yang berkutat dibidang cabik mencabik, sayat menyayat, petik memetik apalagi kalau bukan gitar dan bass. kedua alat musik ini merupakan alat musik yang tidak ada habisnya untuk di perbincangkan dan dimainkan. namun beberapa diantaranya sudah pasti pernah mengalami berbagai keluhan seputar alat/gear yang dimainkan. masalah yang sering terjadi ialah suara senar tidak sama atau tidak balance atau kecil sendiri ketimbang senar lainnya.

  Mengatasi Suara Senar Gitar Atau Bass Elektrik Tidak Balance

Sudah tentu masalah tersebut sangat mengganggu aktifitas bermusik. sebenarnya mengatasi masalah tersebut bukanlah hal yang rumit selama sobat mau dan punya duit yang cukup untuk mengganti beberapa bagian yang memang menjadi penyebabnya. untuk mengatasi hal tersebut sobat cukup memperhatikan dua hal yaitu Pick Up/Spull dan Senar.

Kita tidak perlu mengecek secara habis - habisan bagian kabel, potensio dan kapasitor yang terdapat pada wiring didalam body gitar atau bass, karena jarang terjadi kerusakan dibagian itu. takutnya masalahnya jadi banyak. apalagi si gitaris atau bassis tersebut memang tidak mengerti elektronik sama sekali.

Mengapa Senar gitar bisa menjadi salah satu penyebab suara tidak balance?


Ini pernah dialami beberapa gitaris atau bassis, dimana setelah mengganti senar dengan yang baru/ satu set. kekuatan suara kembali normal alias tidak ada senar yang suaranya kecil. semua rata. sehingga nyaman bermain musik. terkadang ketika bermain musik, ada senar yang putus, maka si musisi mengganti senar dengan merk yang lain.

Ketika sudah dipasang dan dibunyikan pada sound atau ampli, bisa jadi suaranya lebih besar dari senar yang lain atau sebaliknya lebih kecil dari senar yang lain.atau mungkin bisa jadi suaranya normal alias sama rata ketika masuk senar merk lain, tapi ini jarang terjadi.

(Baca Juga : Mengatasi Suara Senar Gitar Akustik Semi Elektrik Tidak Seimbang Pada Ampli)

Ini dikarenakan kandungan bahan logam penyusun senar itu berbeda-beda tiap merk. dan perlu diingat bahwa menggunakan senar sekalipun satu merk semua/ satu set lebih dari 2 bulan pasti akan menyebabkan fales selama gitar/bass selalu dipakai, biasanya terjadi pada senar 2 dan senar 1. maka dari itu gunakanlah senar yang baru dan jangan lupa untuk menggunakan yang satu merk saja.

Mengapa Kondisi Pick up Juga bisa membuat suara senar tidak balance?


Sebelum menjawab pertanyaan ini, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengerti tentang bahan penyususn pickup gitar dan cara kerjanya. komponen ini terdiri dari ribuan bahkan puluhan ribu gulungan kawat tembaga super halus yang diberi isolasi, sehingga ketika dalam keadaan tergulung tidak ada hubungan singkat antara jalur gulungan satu ke gulungan yang lain. karena bila terjadi maka akan menyebabkan kurangnya daya induksi elektromanetik dipermukaan pickup.

Kerusakan pada pickup atau spull gitar terjadi karena ada beberapa jalur gulungan yang terhubung singkat karena isolasi atau pembungkus kawat halus tersebut sudah terkelupas. penyebabnya bisa saja karena pick up terlalu sering panas (ini jarang terjadi) dan penyebab lain mungkin karea pickup sudah berumur 10-20 tahun.

NB : Kunjungi Chanel Yutub Kami.

Namun ini semua tergantung merk pick up itu sendiri, bila merk yang berkualitas ya mungkin bisa saja tahan sampai 50 tahun atau lebih, seperti pick up pada gitar sang legend seperti Jimmi hendrik, Eric Clapton. gitar mereka umurnya sudah sekitaran 50 tahun lebih hingga sekarang, walau mungkin sudah jarang digunakan tapi saya jamin pickup gitar mereka masih full power.

(Baca Juga : Pickup Gitar Elektrik Atau Bass)

Hal yang paling dominan penyebab terjadinya suara lemah pada senar gitar adalah karat yang terdapat pada ujung besi pickup. ini sangat berpengaruh terhadap daya serap pickup akan getaran yang diterimanya dari senar gitar atau bass. solusinya ialah dengan membersihkan msaing-masing ujung besi yang terdapat pada bagian atas pickup, agar induksi elektromagnetik bisa berjalan dengan sempurna.

Artikel Terkait

6 komentar

Gan kalau kan lama nda dipakai tuh bassnya tiba2 pas dimainkan nda mau bunyi kenapa ya ??

penyebabnya ada bnyk hal. periksa spull nya, kabel jacknya, soket jacknya, dan amplinya juga peru diperiksa.

pickup saya hambucker ,cuma pake bridge doang, senar 1 set baru. pickup juga baru beli sekitar 2 bulan. senar nomor 2 nya suara nya paling lemah. apa pickup nya rusak?
pickup hambucker saya masih pake cermaic magnet, apa bisa normal ketika di ganti slug pin nya dgn magnet alnico v? trims

Mas,pick up gitar saya type humbacker,saat clean suaranya kurang keluar,tp saat distorsi normal,tips n triknya biar bisa balance gimana ya?

Dulu saya pernah ngalamin srperti itu.. trnyata stelah saya ganti senar clean nya normal lagi.. usut punya usut unsur logam pada senar gitar beda merk ternyata beda kualitas juga om

Bang kalo senar nomor tiga gitar bass bunyinya pelan gak keluar lownya bang tapi yg lain normal apanya ya bang?

Setiap komentar yang masuk akan di moderasi terlebih dahulu. Komentar yang menyertakan Link aktif, hoax, pornografi, yang tidak nyambung dengan judul artikel dan kriminal akan kami hapus.